Senin, 26 September 2011

Prinsip Kerja Sistem Refrigerasi Kompresi


Ada empat komponen utama pada sistem refrigerasi  kompresi, yaitu :
1.       Kompresor
2.       Kondenser
3.       Katup Ekspansi
4.       Evaporator
Kompresor fungsinya untuk mensirkulasikan refrigeran ke seluruh system.
Kondenser fungsinya untuk merubah fase/zat  refrigeran dari gas menjadi cairan(pengembunan).
Katup Ekspansi fungsinya untuk mengekspansikan cairan refrigeran dan bersama kompresor membuat dua sisi tekanan berbeda, sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah.
Evaporator fungsinya untuk merubah fase/zat  refrigeran dari cairan menjadi gas (penguapan).
Adapun refrigeran adalah zat/bahan pendingin yang di sirkulasikan pada siklus system refrigerasi




 
 Gambar: siklus system refrigersi kompresi
Seperti yang terlihat pada gambar diatas kompresor menekan refrigerant (dalam bentuk gas), sehingga refrigerant tersebut menjadi bertekanan tinggi dan panas mengalir melalui saluran tekanan tinggi (3) yang disebut saluran discharge menuju Kondenser. DI Kondenser kalor dari refrigerant dibuang, biasanya didinginkan oleh udara , air atau kombinasi air dan udara. Sehingga terjadi pengembunan atau perubahan zat dari gas menjadi cairan . Pada proses ini tekanan dan temperature akan sedikit turun lalu mengalir  melalui saluran liquid (4) menuju katup ekspansi.  Katup ekspansi boleh dikatakan penyempitan saluran (nozzle) sehingga disana refrigerant dihambat alirannya agar tekanannya turun. Refrigerant yang keluar dari katup ekspansi akan segera masuk ke Evaporator dan terjadi penguapan atau perubahan zat dari cairan ke gas. Pada proses ini refrigerant akan mengambil/menyerap kalor dari  media disekelilingnya. Evaporator ditempatkan pada objek yang akan didinginkannya , misalnya pada system Air Conditioning (AC), evaporator akan disimpan didalam ruangan yang akan didinginkan. Refrigefran akan menyerap kalor  dari orang yang ada dalam ruangan tersebut melalui  udara yang disirkulasikan melalui  evaporator atau yang lebih populer disebut  Indoor unit.
Setelah mengalami penguapan refrigeran akan diisap menuju kompresor kembali melalui saluran isap yang bertekanan rendah (2) yang disebut suction. Dan terus siklus tersebut akan berulang-ulang sampai kompresor dimatikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar